feeling blue

23 April


ga nyangka kalo hari gini masih ada sistem kasta.

jadi ceritanya: ada beberapa perubahan dalam sistem administrasi, terutama yang menyangkut personal. Seru dong pasti,, karena itu menyangkut hajat hidup kami sebagai kaum buruh.. Maka, datanglah undangan untuk mendengarkan penjelasan tentang sistem baru dari "brahmana"....


tapi oh tapi,,

sayangnya aku bukan salah satu yang "diharapkan untuk datang" karena aku bahkan ga masuk dalam sistem. Salah satu kolega penganut fanatik aliran kasta di tempat ini nanya ::
"kenapa km ikutan?"
emangnya napa? ada yang salah kalo aku ikut dengerin apa kata si brahmana ntu?

Kalo boleh aku deskripsikan,, di sini terbagi menjadi beberapa kasta:
  1. brahmana, orang yang kata katanya merupakan perintah mutlak yang harus ditaati
  2. ksatria, terdiri dari anggota pemerintahan yang terjamin kesejahteraannya
  3. waisya: para pedagang, yang setidaknya masi punya posisi tawar menawar lebih tinggi (karena mereka punya sesuatu untuk dijual) dan dapet beberapa fasilitas penunjang kesejahteraan (meskipun ga se-wah 2 kaum diatasnya)
  4. sudra: golongan rakyat jelata, yang melakukan semua permintaan yang datang dari kaum brahmana, ksatria n waisya (syukur-syukur ga kena damprat) tanpa mendapat fasilitas kesejahteraan apapun
  5. paria: golongan orang terbuang, yang bahkan ga tau kenapa dirinya selalu diinjak (hiks)
sutralah,, silahkan kamu tebak aku di posisi yang mana...

anyway,,
sempet merasa sedih juga sih,, ditanyain begitu..

dan akhirnya aku memutuskan untuk ga ikutan dengerin petuah ibu brahmana..
karena aku tau,,
setelah dengerin dia,,
aku bakal ngerasa sedih,,
karena menurutku aku ga pantes dipekerjarodikan (seperti ini) dengan alasan apapun.

....





tinggal beberapa bulan lagi,,,
aku udah ga sabar nungguin saat itu tiba
ayo asti,, semangaaat!!!


Reactions:

Tulisan lainnya:

2 comments

  1. oaladalah ti..gak usah dipikirkan.
    this organization mistreated their workers. That's for all of us to know. And we are worth more than they see in us. Itu yg aku pelajari selama 2 tahun ini..
    Anggap aja menimba ilmu, aku doain ntar abis dari sini kamu langsung dapet yg bagus (sekolah lagi or lainnya).. seperti alumni2 sini lainnya..

    BalasHapus
  2. hehehe
    iya mb,, makasih :)

    BalasHapus




Subscribe