Tutorial membuat Rounded Border di Photoshop

16 Juni

Beberapa tahun terakhir membludaknya pengguna smartphone dan semakin murahnya paket data internet di Indonesia menurutku membuat kalimat "the world in your hand" menjadi kenyataan.
Berbagi foto dan video semakin mudah, jepret lalu langsung unggah. Tidak perlu tambahan komputer berinternet sebagai perantara. 
Semakin banyak pula aplikasi smartphone yang sanggup menyulap foto menjadi lebih indah: mulai dari membuat wajah kinclong abis operasi plastik, efek kilat/asap di foto siang bolong, mengubah langit jadi warna merah, hingga menggabungkan beberapa foto jadi satu. OTOMATIS!

Sayangnya,, mengedit foto menggunakan smartphone itu ternyata menguras waktu! Tidak ada aplikasi yang sempurna. Untuk membuat foto berwarna cantik, butuh aplikasi khusus filter. Lalu kalau mau menggabungkan beberapa foto jadi satu, butuh aplikasi khusus lainnya. Mau tambah tulisan? Ada sih aplikasi yang "mampu" menggabungkan beberapa foto plus bisa tambah/edit teks di dalamnya. Kalau hanya untuk dokumentasi keluarga/pribadi, bolehlah edit sesuka hati tanpa mempertimbangkan komposisi foto di dalamnya. Kalau foto itu untuk dokumentasi toko online? Hmmm... butuh banyak ekstra waktu khusus hanya untuk mengedit!

Jadi, setelah ditimbang-timbang, lebih baik kembali ke cara lama (edit via Photoshop) untuk memangkas waktu dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Aku coba membuat tutorialnya dalam beberapa posting terpisah ya. Tutorial ini juga kubuat untuk memudahkan diriku sendiri bila suatu saat nanti lupa cara kerjanya.

Kali ini aku mau membuat foto tampak lebih "bulat". Foto dengan ujung membulat terkesan lebih "hangat". Ini juga akan banyak membantu bila aku ingin menggabungkan beberapa foto jadi satu.
Silahkan bereksperimen dengan bentuk/shape yang lainnya ;)




Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments