NHW #6: Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal

24 November

sumber foto: http://oldtownhelena.com/2014/08/12/how-to-overcome-a-bad-habit/
Sabtu minggu lalu setelah menyusun rencana kegiatan (NHW#5), sudah ada niat untuk mencetaknya supaya mudah melaksanakannya. Tapi rupanya di materi diskusi sesi keenam (Ibu Manajer Handal), ada beberapa hal yang perlu ditambahkan, yaitu PRIORITAS. Tidak semua aktivitas adalah penting, dan tidak semua aktivitas penting adalah aktivitas yang harus dilakukan saat itu juga.

Ketika diminta untuk menulis 3 aktivitas yang paling penting, aku mulai bingung,, karena bagiku semuanya penting ;p . Jadi, aku mulai mengurai satu persatu aktivitas yang menurutku penting dan tidak penting.



Aktivitas penting yang harus dilakukan saat itu juga (PENTING DAN MENDESAK):

  1. Mengerjakan order hias mahar yang sudah mendekati DEADLINE
  2. Menemani anak yang menangis / sakit / terluka / bab
Untuk skala prioritas aktivitas penting yang tidak mendesak (HARUS direncanakan sebelumnya) di mindmap ku"stabilo" warna merah:
  1. Mengasuh anak (termasuk didalamnya: memeluk, menemani belajar, berdiskusi)
  2. Sholat
  3. Mengelola order

Aktivitas yang paling tidak penting (Asti, please dump this activity!!!)

  1. stalking sosmed:  (mau tidak mau, mata selalu teralihkan untuk stalking setelah selesai menjawab chat dari calon/customer :'(  )
  2. chit-chat dengan ibu-ibu pengantar jemput anak
  3. googling internet (awalnya sih hanya sekedar mencari informasi)
Untuk aktivitas yang berwarna biru (tidak penting MENDESAK), beberapa bisa didelegasikan, misalnya memberi makan kucing bisa didelegasikan ke anak.
Untuk aktivitas menjawab pertanyaan customer, bisa ditetapkan waktunya, tidak setiap saat langsung me-reply.


Ketika ditanya, "Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?" sejujurnya, saat ini paling banyak adalah: mengasuh anak, menjawab chat calon/customer dan stalking sosmed :(

Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.

Jadi, inilah jadwal harian dengan skala prioritas sudah kurevisi.

Warna kuning untuk prioritas pertama: mengasuh anak, warna biru untuk sholat, dan warna ungu untuk mengelola order. Waktu untuk aktivitas rutin dimulai dari bangun pagi hingga pukul 8 pagi. Sejak jam 8.00 hingga jam 20.30 merupakan waktu untuk aktivitas dinamis (menyesuaikan kondisi anak, jumlah order, dan materi kajian pada hari itu). Diatas jam 20.30 merupakan waktu untuk menyelesaikan aktivitas rutin yang tertunda.


Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments




Subscribe