Nicehomework #4: Mendidik dengan kekuatan fitrah

13 November

Karena perjalanan ribuan mil selalu dimulai dari 1 langkah pertama

Minggu ini saatnya melihat kembali apa saja yang sudah dipelajari satu persatu.
Untuk materi pertama (nicehomework #1), ya, aku tetap dengan pilihan yang sama: menekuni ketrampilan tangan dan seni rupa.




Checklist harian (nicehomework #2) sudah terpampang di papan. Untuk memudahkan checklist tugas harian, aku sengaja menyusunnya berdasar urutan waktu dari pagi hari (bangun tidur) hingga malam. Untuk kegiatan yang sifatnya tentatif, ada di urutan terakhir. Kolom yang berwarna merupakan kolom yang wajib dilakukan minimal 5x dalam seminggu.



Fitrah seorang Asti (nicehomework #3) adalah seorang yang kreatif, suka mendesain dan merencanakan sesuatu.

Pertanyaan "Sudah punya bayangan kenapa Allah menciptakan kita?" merupakan pertanyaan yang tidak akan mampu kujawab sempurna hingga akhir waktuku. Setidaknya, hingga saat ini ditulis, misi yang aku yakini adalah membantu orang lain menyiapkan pernikahan mereka, khususnya di bidang kerajinan tangan. Peranku adalah seorang pengrajin.

Untuk menjadi ahli, maka ilmu yang harus diambil dalam tahapan "Bunda Profesional" adalah:

  • Bunda Sayang: ilmu pengasuhan anak. 
  • Ilmu pengasuhan anak menurutku adalah ilmu WAJIB bagi semua AYAH DAN IBU BETULAN. Dan ilmu ini bertahap, mulai dari bayi, balita, anak, hingga remaja. Seperti halnya software, ilmu pengasuhan anak-pun harus selalu di-upgrade setiap saat sesuai dengan fitrah dan usia anak.
  • Bunda Cekatan: manajer rumah tangga. 
  • Pengelolaan rumah tangga, meliputi keuangan dan kegiatan keluarga (dan masing masing anggota keluarga) merupakan ilmu yang harus dipraktekkan. 
  • Bunda Produktif: ilmu minat dan bakat, kemandirian finansial.
  • Sejak tahun 2008 bergelut dalam dunia kerajinan tangan, sudah saatnya aku mulai mencari ilmu untuk mempertajam bisnis:  
  1. marketing
  2. customer service
  3. branding
  4. membangun tim
    4 ilmu bisnis tersebut merupakan ilmu yang harus terus di-upgrade mengikuti perkembangan jaman. Selain ilmu bisnis, ilmu yang berkaitan dengan ketrampilan tangan juga penting bagiku.
  • Bunda Shaleha: 
  • Sedikit berbeda dengan pendapat ibu Septi (yang menafsirkan bunda shaleha dengan berbagi manfaat kepada orang lain), menurutku, ini adalah "ruang" memenuhi fitrah ku sebagai seorang hamba Allah. Sebuah ruang "hablum minallah"; ruang untuk memantaskan diri saat dipanggil kembali pulang. Sebuah ruangku sebagai manusia untuk memenuhi "hak tauhid"; hak Allah terhadapku agar hanya Dia yang kusembah tanpa ada sekutu.
Untuk penetapan milestone: menurutku keempat tahap Bunda Profesional merupakan satu kesatuan yang dilaksanakan sehari-hari. Akan sulit bagiku bila dipisahkan, karena pada kenyataannya, dalam keseharian, peranku adalah sebagai ibu, manajer keluarga, pebisnis dan hamba Allah; tidak mungkin kan aku berperan sebagai ibu 24 jam penuh dan sama sekali tidak berdoa?

Jadi aku lebih nyaman menetapkan milestone berdasarkan usia anak anakku. KM 0 Asti dimulai dari tahun 2008 di usia 26 tahun. Penetapan milestone diukur dalam 1 hari, mulai dari jam 4 pagi hingga jam 10 malam (19 jam), terbagi menjadi bunda sayang, bunda cekatan, bunda produktif dan bunda shaleha dalam persentase yang berbeda.

Semoga dimudahkan :)
Amin


Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments