NHW 7: Tahapan Menuju Bunda Produktif

04 Desember

REJEKI itu PASTI, KEMULIAAN lah yang harus DICARI 

Apakah dengan aktifnya kita sebagai ibu di dunia produktif akan meningkatkan kemuliaan diri kita, anak-anak dan keluarga? Kalau jawabannya” iya”, lanjutkan. Kalau jawabannya” tidak” kita perlu menguatkan pilar “bunda sayang” dan “bunda cekatan”, sebelum masuk ke pilar ketiga yaitu “bunda produktif”. Tugas kita sebagai Bunda Produktif bukan untuk mengkhawatirkan rizqi keluarga, melainkan menyiapkan sebuah jawaban “Dari Mana” dan “Untuk Apa” atas setiap karunia yang diberikan untuk anak dan keluarga kita. -Matrikulasi Institut Ibu Profesional batch #2, sesi #7-
sumber foto: https://sites.google.com/site/ngsswarwick/

Tugas kali ini sebenarnya tidak terlampau sulit, yaitu membaca "talent" masing masing via tools Abah Rama di www.temubakat.com. Hasil lengkap kusimpan disini: strength Asti

Dari tebakan Abah Rama, aku termasuk individu yang banyak menggunakan otak kanan atas (kelompok Cipta) secara aktif. Bila dikira-kira menurut hasil ST30, karakterku adalah: punya banyak ide [creator], mampu membuat rancangan karya [designer]; mampu menjelaskan makna dari sesuatu [interpreter], memasang / memproduksi sesuatu [producer]; mampu mengkombinasikan berbagai elemen, ide dan informasi menjadi sesuatu yang baru [synthesizer], mampu mengatur keuangan [treasury] dan mampu mengatur orang untuk bekerja sama [arranger]
  • Arranger = mengatur orang untuk bekerja sama dalam melaksanakan suatu tugas, mengatur penempatan atau penugasan.
  • Creator = menggunakan imajinasi untuk menemukan suatu rancangan baru. Bakat ini terkait kelompok Cipta (individual Generating Idea).
  • Designer = banyak ide, mampu membuat gambar dari sesuatu yang direncanakan untuk dibuat. Sama dengan Creator, Designer terkait dengan kelompok Cipta (otak kanan atas).
  • Interpreter = menjelaskan makna dari sesuatu. Bakat ini termasuk kelompok Karsa (individual striving) untuk di dalam ruangan.
  • Producer = memasang, memproduksi sesuatu. Bakat ini termasuk kelompok Karsa (individual striving) di luar ruangan. Sifat mereka pekerja keras, teratur dan tidak sabar bertindak.
  • Synthesizer = mengkombinasikan berbagai elemen, ide dan informasi menjadi sesuatu yang baru. Bakat ini terkait kelompok Cipta (individual Generating Idea) 
  • Treasury = menata keuangan dengan catatan yang rapih. Bakat ini termasuk di dalam kelompok Cipta (Individual  Cognitive)
Sebaliknya, aku termasuk individu yang tidak berani berkonfrontasi [commander], kurang pandai mengkomunikasikan sesuatu [marketer], kurang paham resiko [safekeeper], kurang pandai menjual produk [seller] dan kurang pandai memilih teman [selector].
  • Commander = berani konfrontasi.
  • Marketer = senang mengkomunikasikan sesuatu atau menonjolkan kelebihan.
  • Safekeeper = paham resiko bahaya atau keamanan
  • Seller = menjual produk dengan berbagai cara
  • Selector = memilih dan merekrut seseorang sebagai pekerja atau anggota
Kuadaran aktivitas:

Menyambung kembali ke kutipan di awal tulisan, seminggu ini (sampai saat tulisan ini diketik) rasanya baper ingin sekali ikut #aksidamai212. Ada rasa iri melihat saudara lain yang berangkat. Menilik kembali prioritas yang kami (aku dan suami) buat, ada amanah yang masih harus kujaga: Yodha dan Damar. Saat ini rasanya aku masih belum bisa move-on dari peran "bunda sayang". Masa kecil mereka akan segera berlalu.. sudahkah aku memenuhi hak mereka?

Semoga aku dapat mempersembahkan potensi yang kumiliki untuk mendidik mereka. Amin


Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments




Subscribe