Melatih Kemandirian Anak - Hari Keduabelas

04 Maret


Alhamdulillah sudah 11 hari berselang sejak "papan skor" apresiasi kemandirian mulai diterapkan di rumah. Ibarat olahraga, kami sampai di sesi pemanasan usai. Saatnya untuk mempertahankan ritme dan semangat kemandirian secara konsisten. Seperti tulisan di awal tantangan, aku ingin me-review secara singkat poin yang kami pilih untuk dilatihkan. Yodha (8 tahun), selama 11 hari ini sudah mulai mampu menyusun target hari ini secara rutin, meng-evaluasi hari secara sederhana, dan menuliskan resensi singkat salah satu buku yang ia baca pada hari itu. Dengan menyusun rencana dan mengevaluasinya, Yodha belajar untuk menjadi pembelajar mandiri; merancang kegiatan pembelajaran sesuai minatnya sendiri.
Damar (6 tahun), poin yang dilatih adalah membersihkan diri sendiri, mencuci piring dan rutin membaca buku. Selama 11 hari terakhir, poin membersihkan diri dan mencuci piring membuktikan bahwa Damar mampu melakukannya dengan baik. Ketertarikannya terhadap buku-pun mulai meningkat. Sekarang, setiap kali ada buku, pasti akan dibuka dan dibacanya (meskipun masih belum lancar). Pun demikian, setiap kali lewat rambu-rambu lalu lintas, dia akan berusaha membacanya, baik tulisan maupun yang berupa tanda panah/larangan; bahkan sekarang dia otomatis akan berteriak dan menunjuk rumah yang memasang spanduk "DIJUAL".

(^.^)

As reward, hari ini kami memutuskan untuk bersenang-senang. Pilihan kami jatuh ke tempat yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal kami. Dan karena beberapa bulan terakhir kondisi curah hujan sangat banyak di sore hari, kami tidak berani berkemah atau mendirikan tenda sendiri. Alhamdulillah kami mendapat spot yang dekat dengan sungai :)
Meskipun hari ini kami memutuskan untuk tidak mengisi poin skor kemandirian, tapi kemandirian tetap dipraktekkan. Misalnya, Yodha dan Damar sendiri yang mengatur apa saja yang akan mereka bawa; mereka memilih, melipat dan menaruhnya di koper. Mereka juga membereskan sendiri baju-baju yang tidak dibawa dengan memasukkannya kembali ke lemari.

A post shared by Duhita Swastihayu (@swastihayu) on

Saat makan siang, Damar mencoba untuk memakan mi dengan menggunakan sumpit secara mandiri. Alhamdulillah :)

Saat sampai di lokasi, mereka senang sekali mengamati cacing.

20170304_174715

#level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian


Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments