Melatih Kemandirian Anak - Hari kelimabelas

07 Maret

Alhamdulillah, akhirnya Yodha setahap demi setahap mulai mencapai targetnya! Tanggal 28 Februari (Selasa), dia menuliskan untuk menyelesaikan rubik 3x3. Tanggal 5 Maret (Minggu) dia berhasil menemukan cara untuk menyusun 1 sisi berwarna putih, dan hari ini satu sisi lagi yang berwarna biru. Perjuangannya luar biasa. Mulai dari keterbatasan waktu (ada rutinitas main bola dengan Damar setiap pulang sekolah, dan minggu ini dia UTS), "bantuan" kecil dari Damar, sampai insiden "rubik yang gak sengaja terjatuh" karena kesenggol atau ketendang bola beberapa kali dalam sehari.

Ketika Yodha lapor bahwa dia bisa menyusun kotak sama warna untuk yang kedua kalinya, aku iseng tanya,
"Gimana rasanya bisa nyusun 1 warna dalam satu sisi?"
"Seneng, bun,, tapi aku masih pingin nyusun semua sisi jadi sewarna"
~siip, terus semangat ya mas!~

Dalam kaitan AQ dengan mencapai kesuksesan, salah satu tugas utama kita sebagai orangtua adalah meyakinkan buah hati kita untuk mampu bertahan melewati semua tahapan kehidupan dengan segala problema dan dilematikanya. Selain itu, kita juga harus mampu meyakinkan kepada mereka bahwa segala sesuatu tidak bisa didapat secara instan. Hal ini bisa kita lakukan dengan cara melakukan pemahaman bahwa segala sesuatu tidaklah tiba-tiba. Segala sesuatu ada prosesnya.

Siang ini, mirip dengan kemaren. Bedanya, kali ini mereka berdua pulang bersama dari sekolah tanpa kujemput. Alhamdulillah mereka berdua sudah mulai bisa saling menjaga. Keduanya masih melakukan aktivitas kemandirian yang telah kami sepakati sebelumnya: Yodha (menulis target hari ini, mengevaluasi, dan resensi buku), sementara Damar (membersihkan diri sendiri / BAB, mencuci piring, dan membaca / dibacakan buku). Mereka sudah mulai melakukannya secara otomatis tanpa reward "stamp".

Dan hari ini yang menarik adalah, salah satu todo list Yodha adalah membantu Damar membaca buku.
~terharu~

Alhamdulillah.





Damar terlihat semakin menikmati proses cuci piring - sekalian mencuci mukanya - :D


#hari15
#level2
#kuliahBunSayIIP
#melatihKemandirian

Sumber bacaan:
https://zyfauziah.wordpress.com/2017/03/07/review-buku-adversity-quotient-agar-anak-tak-gampang-menyerah/


Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments




Subscribe