Warisan Dari Bapak

11 Maret


Surely you didn't think I was going to keep my filthy Muggle father's name? No. I fashioned myself a new name, a name I knew wizards everywhere would one day fear to speak, when I became the greatest sorcerer in the world!
Tom Marvolo Riddle: From Harry Potter and the Chamber of Secrets

Jauh sebelum hari ini, aku pernah berkhayal menjadi seekor duyung yang tinggal di dasar samudera, menyelam bersama paus bungkuk -si raksasa pemakan udang kecil yang lembut hati. Bersamanya, aku belajar menerobos dunia lain, dimana air bertemu dengan udara. Aku belajar menggerakkan ekorku sekuat tenaga dan mengepakkan kedua siripku, yang kuanggap sepasang sayap raksasa, seolah terbang menembus batas, seraya memenuhi paru-paruku dengan oksigen tiap tiga puluh menit sekali.

Dibandingkan dengan temanku yang lain, aku merasa kecil. Semakin aku mencari tahu rahasia samudera, ukuranku semakin mengecil.

Foto diambil dari https://totntow.wordpress.com

Penyu belimbing -yang tidak mengindahkan ukuranku- selalu berbinar-binar saat mengajakku mengarungi laut belahan bumi selatan hanya untuk mengejar ubur-ubur. Bersamanya, aku menjelajah perairan hangat dimana terdapat hutan lebat, yang bila aku tidak hati-hati, akan menjadi perangkap berbahaya. Tempat dimana banyak ubur-ubur bersembunyi. Aku harus terus mengingatkannya untuk tidak terkecoh dengan monster plastik yang berubah wujud menjadi ubur-ubur gadungan.

Dan ketika tiba saatnya beristirahat, aku akan kembali ke paus bungkuk-ku, meringkuk di bawah tubuhnya. Si raksasa baik hati itu akan dengan senang hati menopangku tidur melayang tepat di tempat ternyaman; di tengah perairan, tidak di dasar, juga tidak di permukaan.


Coba tebak, siapa panggilanku saat aku menjadi seekor duyung?

Berbeda dengan Tom Riddle, aku memutuskan untuk tetap menggunakan nama pemberian Bapak. Nama, adalah sesuatu yang diberikan kepadaku. Begitu saja - tanpa pernah meminta persetujuanku, tanpa pernah bisa kupilih. Suka atau tidak, aku belum pernah memakai nama lain selain nama yang terukir di akte kelahiranku. Bangga atau tidak, aku tetap menggunakannya untuk menyatakan keberadaan diriku.

Jadi ketika ada yang bertanya; "apa arti namamu?"
Dengan lantang, kan kujawab, "Doa dari Bapak. Satu-satunya warisan Bapak yang akan kubawa sampai akhir hayat, meskipun aku adalah seekor duyung"


Daftar bacaan:
_https://id.wikipedia.org/wiki/Paus_Bungkuk_
_Rowling, J K. Harry Potter and the Chamber of Secrets_


Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments