Aliran Rasa: Free E-book Ramadhan Journal

15 April

Free Ebook Ramadhan Journal


Perjalanan yang sesungguhnya dari penemuan bukanlah dengan mencari pemandangan baru, tetapi dengan memiliki sudut pandang baru.
~Marcel Proust~

Bermula dari minimnya buku yang mengupas Ramadhan untuk anak, tahun lalu aku mengunduh buku elektronik aktivitas Ramadhan berbahasa Inggris dari www.amuslimhomeschool.com. Pada saat menggunakannya -meskipun pada dasarnya Yodha paham- ada beberapa hadits yang sukar dimengerti artinya. Keterbatasan dalam memahami arti hadits dalam bahasa Inggris itulah yang menjadi semangat Yodha untuk menyusun Ramadhan Jurnal berbahasa Indonesia.

Awalnya, Yodha dan Damar membuat naskah menggunakan kertas dan pensil. Di tengah penyusunan, terbersit ide untuk men-digitalkan jurnal supaya bisa diakses siapa saja yang membutuhkan. Mirip dengan buku elektronik yang kami gunakan tahun lalu, konsep Ramadhan Journal yang diusung Yodha berwarna hitam-putih di bagian hariannya untuk memudahkan siapapun ketika hendak mencetaknya, dan dilengkapi dengan track-record aktivitas ibadah harian meliputi sholat dan puasa. Ruang untuk menuliskan target dan pengalaman hari ini juga disertakan. Setiap 10 hari, ada halaman spesial untuk mengapresiasi usaha anak dalam beribadah di bulan suci Ramadhan.

Dalam penyusunannya, tentu saja ada banyak tantangan yang kami hadapi, mulai dari rasa lelah, berebut perhatian, dan kesukaran dalam menyampaikan ide.
Silahkan baca laporan harian penyusunan e-book Ramadhan Journal disini.
Pada mulanya, kami menyusun e-book ini pada malam hari setelah sholat Isya. Tapi rupanya malam hari bukanlah waktu yang tepat untuk berkomunikasi dan berkreasi. Kami sudah terlalu lelah sehingga komunikasi yang kami gunakan bukanlah komunikasi produktif. Ketika proses penyusunan digeser pada pagi hari setelah Subuh, rupanya hasilnya jauh lebih positif. Yodha dan Damar dapat saling bekerja sama dan bertukar pendapat dengan efektif.

Selama hampir tiga minggu, mereka menyisihkan waktu kurang lebih satu jam setiap setelah Subuh untuk membaca hadits-hadits yang telah kami seleksi sebelumnya. Mereka konsisten membaca, memahami, menyeleksi dan mengetik ulang hadits dari buku Riyadhus Shalihin karya Imam An-Nawawi.
Sebagai orangtua, jangan pernah menganggap sepele apapun yang menjadi hasrat anak-anak. Cukup dengarkan suara hatinya: apa yang ingin ia lakukan, apa yang menjadi cita-cita dan mimpinya, apa yang menerbitkan rasa penasaran di benaknya. Kemudian, penuhi semua itu dengan fasilitas serta aktivitas memadai. Dan, yakinlah betapa cerdasnya si kecil, saat Anda memberikan kepercayaan dan kesempatan kepadanya.

Buku Ramadhan Journal ini memang jauh dari kata sempurna, tapi keberadaannya merupakan hasil dari kekompakan masing-masing anggota tim, mulai dari ide hingga berbentuk seperti saat ini.

Alhamdulillah :)

Preview:


Silahkan mengunduh versi elektronik Ramadhan Journal via formulir di bawah ini.
Formulir tersebut hanya sekedar bentuk apresiasiku untuk Yodha dan Damar, bahwa kesungguhan dan kekonsistenan mereka mampu membantu siapa saja yang membutuhkan. Tidak ada keharusan mengisi email dalam form di bawah.



Bagi yang tidak ingin berpartisipasi mengisi formulir diatas, bisa langsung mengunduh Ramadhan Journal:
Semoga buku elektronik ini dapat memotivasi anak usia pre-akil baligh untuk beribadah dan berpuasa di bulan suci Ramadhan. Amin.
---

Terimakasih khusus untuk Ibu Septi dan tim IIP yang telah menularkan virus N-Ach melalui tantangan dan game-game nya selama ini. N-Ach, need for achievement, kebutuhan berprestasi merupakan daya gerak yang luar biasa dan sangat cepat menjalar dari satu orang ke orang yang lain. Menurut David McClelland, sosiolog yang pertama kali mengenalkannya, N-Ach mengandung nilai yang sangat lengkap: kemandirian, kedisiplinan, kegigihan berusaha yang tak kenal putus asa, dan kerja keras yang tak tersentuh lelah.




---



Sumber bacaan:
_Kusuma, Retno. Setiap Anak Berhak Menjadi Jenius. Ed. Muhamad Ilyasa. Bestari. Jakarta. 2015.


Reactions:

Tulisan lainnya:

5 comments

  1. Terima kasih e-book-nya, Mba. Si kecil pasti suka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba,, semoga bermanfaat

      Hapus
  2. Masya Allah..Yodha dan Damar keren Skali... Tetap semangat berbagi kontribusi untuk sesama ya sayamz...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah,, mohon doanya ya kak :)

      Hapus
  3. wahh bisa dijadikan buku kegiatan nih mbak untuk anak anak

    BalasHapus