Tantangan Level 5 Bunda Sayang: Iqra

09 Juni


Menurut Quraish Shihab, kata iqra’ terambil dari kata kerja qara’a (قرأ) yang pada mulanya berarti “menghimpun”. Apabila kita merangkai huruf atau kata kemudian kita mengucapkan rangkaian kata tersebut, maka kita telah menghimpunnya. Arti asal kata ini menunjukkan bahwa iqra’, yang diterjemahkan dengan “bacalah”, tidak mengharuskan adanya suatu teks tertulis yang dibaca, tidak pula harus diucapkan sehingga terdengar oleh orang lain. Karenanya, kita dapat menemukan beraneka ragam arti dari kata tersebut dalam kamus-kamus bahasa, antara lain, menelaah, membaca, mendalami, meneliti, mengetahui ciri-ciri sesuatu, dan sebagainya, yang semuanya bisa dikembalikan kepada hakikat “menghimpun”.

Dalam QS. Al-‘Alaq, perintah membaca, meneliti, menghimpun, dan sebagainya dikaitkan dengan “bi ismi Rabbika” (dengan nama Tuhanmu). Pengaitan ini merupakan syarat sehingga menuntut si pembaca bukan saja agar membaca dengan ikhlas, tetapi juga antara lain memilih bahan-bahan bacaan yang tidak mengantarnya kepada hal-hal yang bertentangan dengan “nama Allah” itu. Karena yang memerintah membaca adalah Tuhan yang mendidik, memelihara, mengembangkan, meningkatkan, dan memperbaiki keadaan makhluk-Nya.

⋊⋉---ᕘᕚ---⋊⋉

Memasuki bulan kelima, tantangan di kelas Bunda Sayang kali ini adalah family reading time. Kami memutuskan untuk membuat forum keluarga yang khusus mendiskusikan buku yang kami baca. Untuk pohon literasi, kami memilih untuk merimbunkan pohon literasi yang telah Yodha dan Damar buat beberapa bulan lalu. Kegiatan perharinya akan ku-update di post ini.

Laporan Harian

  1. 8 Juni 2017
  2. 9 Juni 2017

    link youtube: disini
  3. 10 Juni 2017
  4. 11 Juni 2017

    link youtube: disini
  5. 12 Juni 2017

    link youtube: disini
  6. 13 Juni 2017

    link youtube: disini
  7. 14 Juni 2017

    link youtube: disini
  8. 15 Juni 2017
  9. 16 Juni 2017
  10. 17 Juni 2017


#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst


Sumber bacaan:
Quraish Shihab, Tafsir Al-Qur’an Al-Karim, Tafsir Atas Surat-surat Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya, (Bandung, Pustaka Hidayah, 1997).


Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments