Membangun Karakter Anak melalui Dongeng

01 Desember


Bagi saya, berimajinasi adalah hal yang paling menyenangkan. Saya bisa bebas pergi kemanapun, kapanpun dan bahkan bisa mengajak siapapun yang mau ikut. Kadang, saya "kebablasan" mengajak Yodha atau Damar berimajinasi tentang hal-hal yang kami temui dalam perjalanan kami.

Dan kebetulan, di kelas bunda sayang, tema bulan ini adalah "Mendongeng". Perjalanan kami melanglang buana akan saya dokumentasikan disini.

1. Kamis, 30 November 2017


Beberapa hari yang lalu, Damar mendapatkan paket nasi dari teman sekolahnya. Di dalam paket nasi tersebut, ada bonus buku saku yang berjudul Mrs. Little Helpfull. Konsep bukunya, sebenarnya tergolong standar, tapi yang unik adalah karakter di dalamnya. Suka menolong, tapi karena kecerobohannya, malah membuat semuanya berantakan.
Damar suka sekali mendapatkan peran membaca buku dan bercerita. Sementara Yodha, karena sudah menjadi pembaca yang sudah mahir, lebih tertarik berdialog dan ikut menyimpulkan cerita yang telah ia baca.

2. Jumat, 1 Desember 2017

Hari ini, alhamdulillah suami ada di rumah. Beliau tertantang untuk ikut membacakan kisah. Kali ini, karena bertepatan dengan hari kelahiran Rasulullah, Yodha dan Damar meminta dibacakan ulang kisah tentang Pasukan Gajah.
Meskipun anak-anak sudah hapal karena berkali-kali mendengar kisah ini dari guru-gurunya di sekolah dan juga dari saya, tetap saja mereka antusias mendengar suara ayahnya. Mereka berinisiatif membuat background suara sambil mengiringi bacaan ayahnya.

3. Sabtu, 2 Desember 2017

Besok saya berencana mengikuti seminar parenting yang diadakan di kawasan UI. Dalam seminar tersebut, diharapkan peserta membawa foto masing-masing anak yang sedang beraktivitas. Karena memang terbiasa menyimpan file foto di google drive & google photos, maka proses pemilihan foto tidak terlalu banyak menguras waktu. Namun, rupanya perjalanan dari rumah menuju tempat percetakan foto di area Jl Nusantara, sungguh menyita waktu. Dengan kondisi jalan yang padat di tanggal muda, bertepatan dengan long weekend, dan perbaikan jalan di area Jl Nusantara, cukup membuat antrian mobil berderet merayap hingga ITC Depok. Di perjalanan, alhamdulillah dengan sedikit pantikan, anak-anak sangat menikmati perjalanan dengan berimajinasi dan bergantian "story-telling" tentang sekolah. Kebetulan minggu depan juga merupakan pekan Ujian Akhir Sekolah.

4. Minggu, 3 Desember 2017
Alhamdulillah sepanjang hari ini, saya bisa fokus mengikuti seminar parenting di kawasan UI, terimakasih kepada Ayah. Beliau bersedia menemani anak-anak dari pagi hingga menjelang maghrib dan juga sekaligus menyemangati Yodha di acara Sertifikasi Keahlian Memanah. Iya, Yodha akhirnya bersedia mengikuti sertifikasi keahlian memanah, meskipun ia harus menaklukkan rasa takut dalam dirinya sendiri. Bravo untuk penyemangat luar biasa: "Ayah".
Malam hari menjelang tidur, anak-anak sibuk bercerita tentang kegiatan serunya bersama Ayah. Ketika tiba saatnya mendongeng, rupanya Yodha berinisiatif mengambil peran membacakan cerita yang dipilih Damar. :) Agak terkejut juga melihat antusiasme Yodha. Damar pun, tidak kalah antusias. Ia menikmati dengan sungguh-sungguh sajian cerita kakaknya sambil menirukan suara hewan yang muncul di cerita kakak.
Di akhir cerita, saya mulai mengajak anak-anak untuk belajar mengambil hikmah dari fabel tersebut. Yodha, di usianya yang 9 tahun, sudah bisa diajak berdiskusi, sementara Damar yang masih berusia 6 tahun, masih "menikmati saja" sajian dari kakaknya.

5. Senin, 4 Desember 2017
Hari ini merupakan hari pertama Damar mengikuti ujian di level Sekolah Dasar. Pun demikian dengan Yodha. Jadi, ketika saya menawarkan, apakah Yodha mau membacakan kisah malam ini, ia terlihat kurang antusias. Mereka ingin saya yang membacakan kisahnya, karena hari ini adalah hari "lelah", begitu istilahnya.
Di akhir kisah, kembali saya mencoba menggali lagi pemahaman mereka dengan menanyakan kesimpulan apa yang bisa mereka ambil dari cerita tentang 7 pemuda. Damar, masih polos dengan menyatakan bahwa kisahnya bagus, karena yang bercerita adalah saya, bundanya. :D
Alhamdulillah, Yodha (9 tahun) masih terjaga fitrah keimanan-nya. Ia sanggup mengkaitkan cerita tersebut kepada Allah SWT. Ia (Yodha) sungguh yakin bahwa Allah Maha Pengabul Doa.


#Tantangan10Hari
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination


Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments