Warisan Untukmu

23 Desember


Di jaman sekarang, berlaku ungkapan "semua berubah kecuali perubahan itu sendiri". Namun, bagi kami, ungkapan tersebut tidak selalu bermakna positif karena nilai nilai dasar kemanusiaan terus digerus nilai tandingan atas nama perubahan. Ada banyak nilai yang harus terus dipertahankan, misalnya nilai cinta keluarga dan fitrah lelaki-perempuan.

Mengenalkan nilai dasar kemanusiaan, selain dengan keteladanan, bagi anak-anak, adalah dengan berkisah/mendongeng. Banyak yang mengamini perbedaan antara kisah dan dongeng. Namun, bagi kami, perbedaan tersebut bukanlah hal yang mendasar karena banyak nilai positif yang dapat kami gali bersama anak-anak. Nilai menolong sesama dan persahabatan adalah nilai yang juga ingin kami kenalkan kepada anak, selain nilai tauhid.

Sepanjang sejarah, aktivitas bercerita, bernarasi dan bertutur adalag aktivitas tertua untuk mewariskan pengetahuan dan nilai antar generasi. Dari lisan para pencerita, penarasi dan penuturlah,peradaban baru dikonstruksi. Melalui cerita hebat, narasi besar dan tutur indah yang disampaikan kepada anak-anak, perubahan ke arah peradaban yang lebih baik akan terus menggugah jiwa generasi penerus.

Sumber bacaan:
Santosa, Harry. Fitrah based Education version 3.0.


Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments