Belajar di Kelas Matrikulasi Koordinator #5 IIP

19 Januari



Satu-satunya yang saya miliki adalah waktu. Satu hari yang telah lewat tidak dapat saya ambil lagi.

"Waktu" adalah alasan terbesar saya untuk terus belajar dan (syukur-syukur bila) bisa menambahkan nilai positif pada kehidupan orang lain. Belajar dan berbagi ilmu, adalah prioritas saya yang ketiga di tahun 2018 ini. Saya memposisikan "belajar" bersanding sejajar dengan "berbagi ilmu", karena pada kenyataannya, justru dengan berbagi ilmu, kita juga belajar,, meng-eksplor, mengulas dan sekaligus mengevaluasi pengetahuan yang kita dapat.

Kehidupan adalah soal pilihan. Pilihan masing-masing individu pasti tidak seragam. Dan tiap pilihan yang telah dibuat, akan berpengaruh besar terhadap kehidupan masing-masing. Dimulai dari bangun pagi, kita sudah memilih. Bangun saat itu juga atau melanjutkan mimpi. Apa yang akan dilakukan hari ini?, tapi satu pilihan yang paling penting adalah, akan menjadi siapa?


Dalam buku karangan Dr Seuss yang berjudul Oh, The Places You'll Go! Ada kutipan, yang bila diterjemahkan, kurang lebihnya:

Anda memiliki otak di dalam kepala Anda.
Anda memiliki kaki di dalam sepatu Anda.
Anda dapat membawa diri Anda
ke arah manapun yang Anda pilih.
Anda adalah milik Anda sendiri.
Dan anda tahu apa yang Anda ketahui.
Dan ANDA adalah orang
yang memutuskan kemana harus pergi..."


Sejalan dengan kelanjutan NHW kedelapan yang (ternyata) pernah saya tuliskan di sini pada bulan Desember 2016, saya memutuskan untuk helping others (do). Saya (do) berbagi pengetahuan dengan anak-anak saya dan dengan ibu-ibu lain. Alhamdulillah, dengan bergabung di komunitas Ibu Profesional, kesempatan untuk belajar dan berbagi terbuka sangat luas. Bahkan rasa-rasanya tidak berjeda. Karena sejatinya belajar dan berbagi merupakan kegiatan yang terus dilakukan hingga akhir hayat.



Sumber bacaan
https://en.wikipedia.org/wiki/Learning_by_teaching
Foto diambil dari https://quotlr.com/images/quotes/all-we-have-to-decide-is-what-to-do-with-the-time-that-is-given-to-us.jpg


Reactions:

Tulisan lainnya:

1 comments

  1. MasyaAllah menyenangkan sekali bisa berbagi Mbak, semoga menjadi amal sholeh dan bisa menjadi inspirasi :).

    BalasHapus