Game Level 11: Membersamai Aqil Baligh

13 Januari

Malam ini presentasi kelompok kesembilan kembali membuat saya tercenung. Saat ini Yodha sudah berusia 9 tahun (lebih 2 bulan). Bila bisa memperkirakan, saat-saat akil-balighnya mungkin tidak akan lama lagi, paling lama 5 tahun kedepan. Sudahkah saya mempersiapkan "aqil"nya ? Sudahkah kami memfasilitasi rasa keingintahuannya dengan benar?

Beberapa kali, memang, kami "kecolongan" ketika Yodha memilih untuk membeli komik "Si Juki" dari hasil tabungannya atau ketika ia mencari sumber pengetahuan via youtube di komputer yang ternyata ada tayangan iklan ber-rating 13+ karena menggunakan akun saya saat browsing. Kami telah berupaya sebaik mungkin, tapi kadang lingkungan tidak se-steril harapan kami. :(

Kami hanya bisa membersamainya, menjelaskan kepadanya layaknya bicara dengan sahabat, mana yang baik, mana yang kurang baik. Mengenalkannya dengan rambu-rambu di setiap tontonan atau bacaan, mana yang ber-rating Semua Usia (G), mana yang berkode Parental Guidance (PG), mana bacaan yang sesuai usianya.


Sumber bacaan:
Presentasi Kelompok 9 Bunda Sayang #1 Depok.


Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments