Jejak Berkomunitas

28 Januari


Beberapa bulan setelah membersamai peserta matrikulasi Batch 4 wilayah Depok,  tawaran untuk mengisi posisi Manajer Online menggantikan ManOl yang "naik" posisi menjadi sekretaris, datang tiba-tiba. Masa transisi, menurut saya berjalan dengan baik. Whatsapp grup member (kami di Depok memiliki 4 ruang member yang bernama "United") serta whatsapp grup Foundation (kami memiliki 2 ruang Foundation) memiliki jadwal rutin tiap minggunya, dengan adminah-adminah yang handal.

Hingga tiba saatnya membumikan Pedoman Perilaku Ibu Profesional.

Saya rasakan, aura dari masing-masing grup langsung berubah. Utamanya adalah karena tidak ada lagi "Bakulan" di hari Jumat, dan masih kurangnya antusias untuk berbagi. Ini adalah tantangan yang sudah berjalan selama kurang lebih 4 bulan terakhir. Member lebih banyak bersikap pasif dan menunggu untuk ditunjuk, sementara peserta Foundation memilih untuk keluar dari whatsapp group (ada juga yang malah tambah gencar berpromosi). Salah seorang pengurus yang juga adminah United 2 juga mengundurkan diri medio Oktober, sehingga posisi adminah kosong satu.

Alhamdulillah, saya masih diberikan kelonggaran waktu dan juga ijin dari suami untuk terus aktif berbagi di ruang kelas bunda sayang batch 3 sekaligus menggantikan (sementara) posisi adminah United 2. Terus terang, saya tipe yang suka belajar teknologi, mengutak-atik hal yang baru dan membuat sesuatu yang baru. Saya juga suka meluangkan waktu sejenak untuk menulis, baik di buku maupun di blog. Alhamdulillah, saya juga tipe yang "saklek" dengan aturan. Ya berarti iya, tidak berarti tidak.

Saya sadar, kesukaan saya membuat sesuatu yang baru, pas sekali bila digunakan sebagai bahan edukasi member. Seperti video singkat kegiatan Ibu Profesional Depok selama tahun 2017:



Target saya tahun depan (2018)
1. wag United menjadi basecamp tempat berbagi member
2. One week one post rutinitas berbagi di sosmed (FP dan IG)
3. One month one post di blog kota Depok

Bismillah


Sumber gambar:
https://quotefancy.com/quote/841489/John-C-Maxwell-Delegate-work-smarter-not-harder-do-what-you-do-best-and-drop-the-rest-get


Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments