PDAM Depok Gangguan? Tetap Update Dong

06 Februari


Beberapa hari terakhir, hujan sering sekali menyapa kota Depok. Kadang bisa seharian, dan uniknya, bila matahari bersinar-pun, tetes air seakan tak peduli dan terus saja menumpahkan rasa seolah benar-benar merindukan tanah.
Bahagia? Iyalah, secara saya adalah salah seorang pecinta tetes air.
Namun apa mau dikata.. sesuatu yang berlebihan memang tidak pernah berakhir dengan baik. Malam kemarin akhirnya datang juga berita duka. Pompa PDAM Tirta Asasta terendam luapan air. Akibatnya, pipa-pipa yang tersambung hingga rumah kami tidak mengalirkan air.
Hidup para emak seakan tak berarti bila tanpa air. :(
Namanya juga bencana, datangnya pun tidak terduga. Lain bila melibatkan rencana manusia. Meski hanya berbeda di 1 huruf depan, perbedaannya sungguh besar. Pelaksanaan rencana, pasti akan ada surat pemberitahuan resmi beberapa hari sebelumnya, rentang waktu yang dibutuhkan, dan apa saja yang harus kami (sebagai pelanggan) siapkan.

Alhamdulillah-nya, PDAM Tirta Asasta rupanya mampu bertumbuh menyesuaikan diri dengan jaman digital. Mereka mampu menggunakan mikroblogging untuk mewartakan apapun yang saat itu terjadi. Silahkan baca postingan saya beberapa tahun lalu terkait layanan PDAM Tirta Asasta disini. Dan sekarang, saya tidak perlu lagi menelepon untuk mengetahui berita-berita ter-update, karena semua yang terkait pompa dan Perusahaan Daerah tersebut bisa disimak disini.

Lalu apa hubungannya dengan keluarga multimedia? Jadi begini... saat ini, terus terang saya sedang membatasi interaksi dengan sosial media. Layanan mikroblogging yang digunakan PDAM Tirta Asasta adalah aplikasi yang jarang sekali saya tengok. Saya tidak ingin menghabiskan waktu saya untuk scrolling berita yang belum tentu benar dan bermanfaat.

Jadi solusi supaya saya tetap bisa mengetahui perkembangan terkini tanpa harus mengakses aplikasi tersebut adalah menggunakan layanan IFTTT. If This then That.


Bila ada this, maka that. This adalah pemicu yang kita tentukan, sementara that adalah reaksi apabila ada sesuatu yang sesuai kriteria pemicu. Misalnya, saya ingin apabila ada tweet terbaru dari @TirtaAsasta (->pemicu) maka reaksi yang saya inginkan adalah: kirim tweet tersebut ke email saya.

Berikut video cara pengaturannya:



Dan menilik berita terkini, sepertinya bapak-bapak di Tirta Asasta masih membutuhkan waktu untuk memperbaiki pompa mereka. Jadi, kami mengambil inisiatif untuk menampung air hujan. Alhamdulillah :)


#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia


Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments