Tayangan Look Kool di Da Vinci Kids

04 Februari

Peraturan di rumah kami, televisi hanya bisa dinyalakan di jam tertentu (antara dhuhur-ashar) lalu lanjut lagi hingga sebelum maghrib. Tidak mengharamkan, tapi hanya membatasi. Pun demikian program yang sudah "bersertifikat" layak tonton, salah satunya adalah Da Vinci Kids. Rupanya Yodha dan Damar lebih menikmati jenis tontonan genre science, math &tech seperti Look Kool dan genre play&make seperti Science Max.
Tugas orang tua mempersiapkan anak menghadapi zamannya. Kita sebagai orang tua, apakah sudah mempersiapkan anak untuk menghadapi era digital saat ini? dan era kedepannya?
Anonim
Orang tua diharapkan mampu melindungi anak-anak dari ancaman era digital, tetapi tidak menghalangi potensi manfaat yang bisa ditawarkannya. Hal yang perlu diperhatikan orang tua adalah:
1. Kesehatan mata anak
2. Masalah tidur
3. Kesulitan konsentrasi
4. Menurunnya prestasi belajar
5. Perkembangan fisik
6. Perkembangan sosial
7. Perkembangan otak dan hubungannya dengan penggunaan media digital
8. Menunda perkembangan bahasa anak

Untuk mendampingi generasi digital, ada beberapa tips. Tips pertama adalah menambah pengetahuan anda. Sulit untuk menetapkan peraturan bila Anda tidak mengerti apa itu blog atau bagaimana cara menggunakan twitter atau facebook. Luangkan waktu untuk melihat situs yang pernah dikunjungi anak. Tips kedua adalah mengarahkan penggunaan perangkat dan media digital dengan jelas. Jika anak sudah terpapar perangkat digital, lebih baik untuk mengarahkan dengan komunikasi efektif untuk memutuskan berapa lama dan kapan mereka dapat menggunakannya. Sepakati waktu penggunaan dan waktu untuk berhenti memanfaatkan perangkat media digital di malam hari. Tips yang ketiga adalah memilihkan program atau aplikasi positif. Orang tua perlu mengidentifikasi program atau aplikasi yang memiliki edukasi dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan anak.

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

Sumber bacaan:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital. 2016



Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments