Conquer Your Fear

10 Maret


Rasa takut adalah hal yang sangat manusiawi.
Ketakutan adalah fungsi adaptif yang ter-install di setiap manusia yang berfungsi untuk memperpanjang hidup. Seperti misalnya berjalan ke tepi jurang dan tiba-tiba merasa takut. Ini adalah ketakutan adaptif, yang memberitahu: "Ini bisa berbahaya. Hati-hati. Ketakutan memicu respon fight-or-flight (maju atau tinggalkan) yang mempersiapkan tubuh kita untuk bertindak untuk melindungi diri kita sendiri.

Salah satu ketakutan saya adalah menyetir mobil di area yang belum saya kenal dengan baik di malam hari.

Dan akhirnya tiba juga saat dimana saya harus menghadapi ketakutan saya. Kebetulan suami ada acara kantor, dan Yodha harus mengikuti pembelajaran matematika dari pukul 14.00-18.00 di daerah Cibinong, Bogor. Saya memiliki dua pilihan: menyetir sendiri, atau menggunakan ojek online. Keduanya sungguh merupakan pilihan yang tidak menyenangkan. Kalau seandainya bisa, saya ingiin sekali tidak memilih keduanya.

Menggunakan ojek online, setelah saya pikir ulang, lebih riskan saat malam hari, apalagi saya juga tidak hapal area Cibinong. Satu-satunya pilihan yang tersisa adalah menyetir sendiri. Saya mulai mempertanyakan ulang ketakutan saya. Sehari sebelumnya, saya melakukan riset online rute peta. Skenario terburuk mengandalkan google maps adalah disarankan untuk melewati gang sempit yang hanya cukup untuk kendaraan roda dua. Saya meyakinkan diri saya sendiri, bahwa misalnya jalan tidak dapat dilewati kendaraan roda empat, saya bisa mundur kembali ke titik awal. Saya pun menyampaikan rasa takut saya pada anak-anak. Alhamdulillah, Yodha Damar meresponnya dengan positif. Mereka mengatur jadwal siapa yang jadi co-pilot saat berangkat, dan saat pulang. Dengan modal google maps dan bantuan anak-anak, alhamdulillah sampai juga kami di Cibinong. Pun demikian saat perjalanan pulang. Meski sempat diarahkan melewati gang sempit oleh google, kami selamat sampai tujuan.

Bila mengutip John C Maxwell, keberanian, seperti halnya watak, berasal dari dalam. Dimulai dengan sebuah keputusan yang kita buat dan bertumbuh ketika kita membuat pilihan untuk mengikutinya. Miliki keberanian untuk lebih dahulu memerangi pertempuran yang datang dari dalam.

Jadi ? Alhamdulillah saya mampu mengalahkan diri saya sendiri 😇.

Lets celebrate ☕

Sumber bacaan:
https://www.wikihow.com/Overcome-Fear
Maxwell, John C. The Maxwell Daily Reader. 2007. Bhuana Ilmu Populer.

Sumber gambar:
http://aboutislam.net/wp-content/uploads/2016/06/18auzpvme1y5ljpg.jpg


Reactions:

Tulisan lainnya:

1 comments

  1. Kalau katanya Avatar di buku titik balik, rasa takut adalah sesuatu yang kita undang. Tapi bagi saya memang masih sulit melawan rasa takut, terutama sama anak unggas 😂

    BalasHapus