Mana Prioritasmu?

01 April


Dalam sehari, seorang Asti diharapkan mampu membelah diri mengerjakan tugas rumah, mengatur toko online, mengerjakan amanah komunitas, membersamai Yodha Damar beraktivitas sesuai bakat mereka. Sehingga semakin kesini, saya merasa mulai membutuhkan sebuah agenda untuk mengatur jadwal kegiatan dan menentukan prioritas harian.

Syarat pertama meraih kesuksesan adalah kemampuan untuk tanpa putus asa mengerahkan kekuatan fisik dan mental Anda pada satu permasalahan. ~ Thomas Edison
==

Mengutip tulisan Brian Tracy dalam bukunya yang berjudul Eat That Frog; agar dapat menjangkau potensi Anda seutuhnya, Anda harus membangun kebiasaan untuk memaksa diri Anda tanpa menunggu orang lain datang dan menyelesaikan tugas Anda.

Tentukan batas waktu dan batas waktu cadangan untuk setiap tugas dan kegiatan. Ciptakan "sistem pemaksa" bagi diri Anda. Tentukan batas Anda dan jangan menyimpang dari batas tersebut. Setelah menentukan batas waktu Anda sendiri, berpeganglah pada batas itu, bahkan berusahalah untuk mengalahkannya.

==

Tips dari Brian Tracy, terdengar sangat logis. Hanya saja, semenjak saya menjadi seorang yang berpredikat "ibu" yang memprioritaskan suami dan anak-anak, terkadang ada banyak tugas yang tidak dapat diberi batas waktu. Seperti contohnya, saat ketika Damar batuk-pilek. Agenda yang telah saya susun malam hari sebelum tidur menjadi berubah. Yang terjadi adalah penumpukan tugas, yang pada akhirnya membuat saya semakin tertekan dan mulai menyalahkan diri sendiri.

Tidak ingin tertekan, saya mulai mencoba cara lain dalam menyusun tugas. Agenda yang saya susun seperti di foto, dikategorikan menjadi 5 ranah. Ranah peran di bidang hias mahar, ranah domestik di dalam rumah, ranah berbagi di ruang komunitas, ranah keluarga, dan pengingat untuk jatuh tempo pembayaran (saya suka sekali menyiapkan dana untuk berbagai keperluan dengan cara membuka rekening tabungan yang diisi otomatis menggunakan autodebet rekening induk).


Saya memilih untuk tidak menuliskan waktu (kecuali hari), karena realitasnya, banyak sekali distraksi dalam pelaksanaannya.



#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriTiga #KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu


Reactions:

Tulisan lainnya:

0 comments